Dampak, Penyebab dan Cara Melawan Bullying

Dampak, Penyebab dan Cara Melawan Bullying

Data Hk 6D – Banyak sekali kasus-kasus dari bullying sampai memberikan trauma-trauma terhadap korban, bahkan hingga memakan nyawa korban. Hal ini sangat memprihatinkan, dan jika dibiarkan makin banyak yang akan menjadi korban. Selain itu mereka yang melakukan bullying akan makin berkuasa dan makin merajalela.

Apa itu bullying ?

Bullying adalah tindakan dimana seseorang atau kumpulan orang yang membentuk kelompok makan melakukan tindakan kejahatan berupa kekerasan, mengontrol seseorang, memojokkan seseorang. Banyak sekali bentuk-bentuk yang dari bullying ini.

Bentuk-bentuk bullying

Berikut ini adalah beberapa bentuk bullying yang harus kita ketahui:

Perilaku penindasan fisik

Perilaku penindasan fisik ini termasuk kedalam kejahatan bullying. Dan penindasan fisik ini adalah salah satu bentuk bullying yang mudah dikenali. Jika anda atau orang sekitar anda memiliki banyak luka pada anggota tubuh. Maka mungkin saja mereka menjadi korban penindasan fisik. Coba dekati dan bertanyalah kepada mereka agar mereka berani mengungkapkan peristiwa yang sebenarnya terjadi. Karena pada dasarnya korban akan diancam jika melaporkan tindakan si pelaku tersebut.

Perilaku bully menggunakan suara

Biasanya pelaku akan melakukan penghinaan, ejekan bahkan mengucapkan kata-kata kotor dan tak pantas kepada korban. Sebagai contoh adalah ketika pelaku melakukan ejekan terhadap bentuk fisik korban.

Adanya tindakan pengucilan

Pelaku bullying akan melakukan tindakan pengucilan terhadap korban. Pelaku bullying akan melakukan provokasi terhadap lingkungan sekitarnya agar mereka menjauhi korban tersebut. . Sehingga korban akan merasa sendiri dan terisolasi dari dunia sekitarnya.

Bullying menggunakan media dunia maya

Sekarang ini banyak sekali yang memanfaatkan dunia maya untuk melakukan tindakan bullying. Biasanya pelaku akan melakukan penindasan seperti ejekan, hinaan melalui media dunia maya. Sehingga korban akan merasa terancam jika menggunakan semua media dunia maya tersebut.

Kekerasan seksual

Pelaku kekerasan seksual biasanya akan menggoda, menyebarkan foto pribadi korban, hingga sampai melakukan tindakan tindakan pelecehan seksual, hingga pemerkosaan. Dampak yang diterima korban sangatlah banyak mulai dari mental,trauma hingga sampai ada yang melakukan bunuh diri karena kasus ini.

Dampak bullying terhadap korban

Banyak sekali dampak yang dialami oleh korban. Berikut ini dampak yang akan terjadi terhadap korban

Gangguan terhadap mental korban. korban akan merasakan depresi, rasa cemas, sulit untuk dapat tidur nyenyak, ingin menyakiti diri sendiri, atau bahkan keinginan untuk mengakhiri hidupnya dengan tindakan bunuh diri.

Sering mengalami mimpi buruk. Karena korban terlalu memikirkan apa yang dilakukan pelaku kepadanya, maka kemungkinan pikiran itu akan dibawa ke alam bawah sadar kita ketika kita mengistirahatkan badan data hk 6d dengan cara tidur sehingga mengakibatkan mimpi buruk tersebut.

Prestasi dibidang akademik akan memulai turun. Karena gangguan mental dan dikucilkan oleh lingkungan sekitar. Hal ini dapat mengakibatkan korban mengalami penurunan prestasi pada bidang akademiknya.

Adanya keinginan balas dendam yang akan dilakukan korban. korban akan merasa bahwa orang lain harus merasakan apa yang dia rasakan sehingga korban secara tidak sadar akan mejadi pelaku pembullyan kepada orang lain. Dengan adanya balas dendam ini akan memperbanyak pelaku pembullyan di dunia ini.

Cara melawan atau menghadapi pelaku bullying

Agar kita tidak menjadi korban pembullyan maka kita harus berani dan bisa mengatasinya jika kita diperlakukan tidak benar oleh pelaku pembullyan. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut ini:

Berani berbicara terhadap guru atau orang tua

Jika kita diperlakukan pembullyan di lingkungan sekolah atau di lingkungan luar sekolah. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan berani berbicara terhadap orang lain. Jika disekolah hendaklah berbicara terhadap guru, jika diluar lingkungan sekolah maka hendaklah melaporkan atau mencoba berbica terhadap orang tua.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Banyak korban yang tidak mendapatkan dukungan dari orang sekitarnya. Sehingga mereka menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi kepadanya. Contohnya pembullyan terhadap bentuk fisik. Jika orang sekitar yang dianggap bisa membantu korban malah tidak dapat membantu. Maka kemungkinan korban akan menyalahkan keadaan diri sendiri. Bagi korban yang sering menyalahkan diri sendiri, mari mencoba berfikir bahwa kamu adalah ciptaan terbaik Tuhan, kamu memiliki kemampuan diatas mereka yang melakukan pembullyan dan Tuhan akan melindungimu di setiap langkahmu.pada intinya jangan menyalahkan keadaan dirimu sendiri.

Tujukan sikap tegas dan kamu lebih hebat dari mereka.

Bagi korban bullying tunjukanlah sikap tegas kalian terhadap pelaku. Dan jika kalian berpikir untuk balas dendam, balas dendamlah lewat prestasi kalian.
Bagi korban yang mendapatkan perilaku bullying tetap semangat ya, beranilah melawan dan bercerita terhadap orang sekitarmu. Dan buat orang yang menjadi pelaku pembullyan tolong akhiri semua kebiasaan bullying kalian. Jangan sampai hal yang kalian anggap candaan memakan nyawa korban